Rabu, 27 Juli 2016

Materi Respon Time

Respon Time merupakan waktu tanggap yang diberikan interface ketika user mengirim permintaan ke komputer.
Prinsip-prinsip yang menghasilkan waktu tanggap yang baik :
  1. Memberikan suguhan yang konsisten kepada user
  2. Tidak melebihi waktu yang ideal yakni 2 detik
  3. Optimalkan layout serta posisinya sesuai dengan tugasnya
Hal apa saja yang berhubungan dengan respon time yakni bagaimana user melakukan adaptasi dan sesuatu yang relevan dengan respon time. Ada beberapa kriteria pada respon time yaitu sebagai berikut :
  1. Waktu tanggap
  2. Fairness
  3. Efisiensi
  4. Turn Arround time
Ada beberapa fase model yang berhubungan dengan interaksi manusia dan komputer yakni perceptual sistem merupakan memori sensorik/memori jangka pendek tempat menyimpan apa saja yang ditangkap indera kemudian ada cognitive sistem(Short term memory merupakan memori yang menyimpan hasil intepretasi sensory buffer dan Long term memory merupakan memori yang menyimpan informasi secara permanen) dan ada motor system(respone).

Faktor-faktor dari respone time yakni kecepatan transmisi, jumlah user(dengan banyak user yang mengakses akan membuat sebuah aplikasi perfomanya menjadi turun dan lelet). 

Model of Response Time Impacts

  • Response time (merupakan waktu, dalam detik, yang dibutuhkan mulai saat user menginisialisasi proses hingga output diterima)
  • User think time (merupakan waktu, dalam detik, yang dibutuhkan user untuk berpikir sebelum melakukan aksi selanjutnya)
Oleh karenanya designer harus memperhatikan :
  • Kompleksitas interaksi yang dibutuhkan
  • Biaya
  • Kompleksitas pekerjaan
  • Ekspektasi user
  • Kecepatan dan performa
  • Tingkat kesalahan
  • Prosedur untuk menangani kesalahan
Umumnya response time 15 detik atau lebih kurang produktif, namun response time yang kurang dari 1 detik dapat meningkatkan tingkat kesalahan untuk pekerjaan yang kompleks. Selain itu ada juga yang disebut display rate dimana merupakan kecepatan menampilkan berapa banyak karakter tiap detiknya. Dalam aplikasi world wide web, display rate juga dipengaruhi oleh kecepatan transmisi jaringan serta performa dari server.
Oleh karenanya dibutuhkan suatu cara untuk menghindari kesalahan yaitu :
1. Membuat response time yang wajar
2. Memberikan indikator proses
3. Menghindari distraksi pada user
4. Memberikan feedback
5. Memberikan cara untuk menangani kesalahan
6. Membuat sistem dengan kecepatan interaksi yang optimum

Go to check:

Udinus



dinus.ac.id
http://blog.dinus.ac.id/
http://blog.dinus.ac.id/
https://twitter.com/udinus_smg
https://www.youtube.com/watch?v=tUBhf2fpA8k

Tidak ada komentar:

Posting Komentar